Rangkaian Hari Jadi RAPI wilayah 21 Kab.Ponorogo (Bagian 2)

Menyambut Hari jadi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 21 Kabupaten Ponorogo yang jatuh pada 26 Mei merupakan salah satu momentum bagi RAPI untuk ikut berperan aktif menangani problematika sosial dalam masyakakat. Hal itulah yang mendasari diselenggarakannya kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis di Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Ponorogo atau 14 km di Barat Daya Pusat Kota pada hari minggu 17 Mei 2015.

opening pelepasanbalon fotobareng

Dibuka secara resmi pada pukul 09.00 pagi oleh Dandim 0802 Lelkol.Inf. Slamet Sarbianto bersama Ketua RAPI Ponorogo Ir.Muhammad Kujaeni JZ13OPB dengan ditandai pelepasan balon ke udara. Kegiatan yang didukung oleh Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Ponorogo tersebut ramai didatangi oleh para warga sejak pagi dengan diantar oleh keluarganya menggunakan kendaraan ataupun berjalan kaki menuju tempat pengobatan gratis yang dipusatkan di Polindes Desa Bringinan. Bahkan beberapa warga yang datang harus mendapatkan bantuan anggota RAPI menuju tempat antrian yang disediakan panitia dikarenakan usia mereka yang sudah cukup tua.

Anggota RAPI membantu mengantar warga menuju lokasi pengobatan gratis

Anggota RAPI membantu mengantar warga menuju lokasi pengobatan gratis

Tim yang terdiri atas 3 dokter, seorang bidan, dan 7 orang perawat bekerja dengan sigap memeriksa semua warga yang datang untuk berobat. Sedangkan tim apoteker bertugas untuk menyediakan obat-obatan yang tercantum di resep yang masuk. Penyakit yang banyak dikeluhkan oleh warga adalah sakit kepala dan badan meriang.  Adapun para anggota RAPI berugas menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam acara tersebut.

tensi diagnosa

cabut gigi susu pengambilan obat

Pengobatan gratis ini diberikan secara cuma-cuma untuk 178 orang, diantaranya 162 untuk dewasa dan 16 untuk anak-anak yang berupa layanan pencabutan gigi susu. Walaupun telah dibagikan kupon sejak beberapa hari sebelumnya melalui pihak terkait seperti kepala dusun maupun kelurahan setempat, dilapangan masih juga ditemui beberapa warga yang datang tanpa membawa kupon. Namun hal tersebut tidak menjadi alasan bagi mereka untuk tidak mendapatkan layanan pengobatan dalam acara tersebut. Dengan diberikannya pengobatan gratis ini, tentunya warga tidak perlu khawatir lagi untuk membayar obat yang mereka tebus. Karena pengobatan gratis ini sudah termasuk pemeriksaan dan obat ataupun vitamin. (somon)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.